BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Pondok Pesantren Takhasshush DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. Belajar amtsilati online/offline 0852 5971 7000, fb/yt: moh mahfudh rozy, follow/ikuti: ig/tk/snackvideo: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Kamis, 28 April 2022

MUBTADA’ DAN KHOBAR ( Bagian ke III ) Amtsilati Jilid 3

Bondowoso, Amtsilati.com

AMTSILATI JILID 3

BAB I

MUBTADA’ DAN KHOBAR ( Bagian ke III )

Artikel sebelumnya sudah saya bahas mubtada’ yang makrifat berupa dlomir yang uraiannya dilanjutkan dengan khobar.  hanya saja masih belum menjelaskan macam – macam mubtada’ dan khobar.

Insya-Allah  dalam artikel ini akan membahas keduanya yaitu macam – macam mubtada’ dan khobar, agar bisa langsung dikenal mulai dari awal pembahasan mubtada’.

Baiklah sebelum saya melanjutkan materi, akan saya  awali dulu dengan pengertian mubtada’.

Mubtada’ dalam kitab ajrumiyah adalah isim yang dibaca rofa’ yang sepi dari ‘amil lafdzi. sedangkan bentuk mubtada’ sebagaimana dalam alfiyah yang menjadi dasar metode amtsilati adalah makrifat  di awal kalimat menjadi mubtada’. akan tetapi bisa juga mubtada’ berupa isim nakiroh dengan beberapa ketentuan. mubtada’ yang berupa nakiroh ini akan dibahas berikutnya.

MUBTADA’

Mubtada’ ada dua macam di kitab ajrumiyah membaginya dhohir dan dlomir, akan tetapi di dalam metode amtsilati membagi mubtada’ menjadi dua yaitu dengan istilah mu’rob dan mabni. cara mengetahui apa mubtada’ mu’rob atau mabni cukup membagi isim – isim makrifat yang enam dibagi 2.

Isim makrifat yang berupa isim mabni dlomir, isyaroh, maushul. jadi apabila yang menjadi mubtada’ salah satu dari yang tiga ini maka sebutannya mubtada’ mabni.

Contoh:

هُوَ عَـالِمٌ، هَذَا كِتَابٌ، وَالَّذِيْ يُبْطِلُ الصَّلاَةَ اَحَـدَ عَشَـرَ شَيْئًا ( فتح القـريب )

Isim makrifat selain yang tiga di atas yaitu nama, Al, mudlof. apabila mubtada’nya berupa salah satu yang tiga ini maka disebut mubtada’ mu’rob.

Contoh:

مُحَـمَّدٌ سَيِّـدُ الْكَوْنَيْنِ وَالثَّقَلَيْنِ، اَلْعِـلْمُ نُوْرٌ، اَرْكَانُ الْإِسْلاَمِ خَمْسَـةٌ

Itulah contoh – contoh pembagian mubtada’ dalam metode amtsilati. untuk mubtada’ yang di ajrumiyah hanya dua bagian antara dlahir da dlomir.

Metode Amtsilati
Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur ( Pembina penulis artikel ini )

KHOBAR

Khobar adalah isim yang dibaca rofa’ yang sepi dari ‘amil lafdzi serta menyempurnakan faidah, sehingga dengan adanya khobar kalimat dapat difahami ( dalam susunan ismiyah ).

Khobar ada dua: 1. Mufrod, 2. Ghairu mufrod.

Khobar  mufrod juga ada dua: Jamid, musytaq. masing – masing ini ada yang susunan mudlof adapula yang gahiru mudlof.

Khobar ghairu mufrod ada dua macam: Jumlah, dan syibhu jumlah. masing – masing khobar ini juga terdapat dua bagian. Untuk yang jumlah ada yang jumlah ismiyyah, adapula yang jumlah fi’liyyah. begitu pula syibhu jumlah ada yang berupa jer majrur ada yang dzorof – madzruf.

Agar lebih mudah difahami akan saya tulis contoh dari bagian khobar di atas.

Khobar mufrod jamid ghairu mudlof:

اَرْكَانُ الْإِسْلاَمِ خَمْسَـةٌ

Adapun beberapa rukun – rukun islam itu ada lima

Lafadz خَمْسَـةٌ menjadi khobar yang jamid dan tidak berupa susunan mudlof dan mudlof ilaih.

Khobar mufrod jamid mudlof:

وَالْقِسْمُ الرَّابِعُ مَـاءُ نَجْسٍ

Adapun bagian macam air yang keempat itu air yang terkena najis ( mutanajjis )

Lafadz مَـاءُ  menjadi khobar mufrod yang jamid susunan mudlof, mudlof ilaihnya adalah نَجْسٍ .

Khobar mufrod musytaq

Khobar yang dicetak dari kata lain. sebetulnya kedua jenis ini ada pada pembahasan materi berikutnya. artikel hanya sebagai pengenalan akan macam –macam khobar. jadi lebih lengkapnya pembahasan pada artikel berikutnya menyesuaikan materi yang dijelaskan. akan tetapi sebagian isim – ism musytaq sudah ada dalam materi jilid 2 amtsilati yaitu musytaq yang berupa isim fa’il, isim maf’ul.

Contoh khobar musytaq

Ghairu mudlof

مُحَمَـدٌ عَـالِمٌ

Adapun Muhammad itu orang yang ‘alim

مُحَمَّـدٌ mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena nama.

عَـالِمٌ menjadi khobar yang muystaq, berupa isim fa’il dan bukan susunan mudlof.

Khobar mufrod musytaq yang mudlof

Contoh

مُحَمَّـدٌ شَفِيْـعُ الْخَلْقِ

Adapaun nabi Muhammad itu yang memberikan syafa’at kepada makhluq

مُحَمَّـدٌ mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena nama.

شَفِيْـعُ menjadi khobar yang muystaq, berupa isim fa’il susunan mudlof, mudlof ilaihnya adalah اَلْخَلْقِ .

*Isim jamid dan musytaq insya-Allah akan dibahas kembali pada bab berikutnya. tepatnya bab jamid dan musytaq di jilid 3.

Khobar jumlah: 1. Ismiyyah 2. Fi’liyyah

Khobar jumlah ismiyyah:

Adalah khobar yang di dalamnya mengandung mubtada’ khobar.

Contoh:

اَلْكَلاَمُ هُوَ اللَّفْظُ الْمُـرَكَّبُ الْمُفِيْـدُ بِالْوَضْـعِ

Adapun yang dinamakan kalam itu adapun kalam adalah lafadz yang disusun yang berfaedah serta yang berbahasa arab.

اَلْكَلاَمُ mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena Al.

هُوَ اللَّفْظُ الْمُـرَكَّبُ الْمُفِيْـدُ بِالْوَضْـعِ khobar dari اَلْكَلاَمُ .

هُوَ mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena dlomir.

اَللَّفْظُ khobar dari هُوَ .

Jadi khobar jumlah ismiyyah disamping menjadi mubtada’ juga menjadi khobar. seabagaimna lafadz هُوَ .

Khobar jumlah fi’liyyah:

Khobar jumlah fi’liyyah adalah khobarnya berupa fi’il – fa’il ( pembahasan jilid 4 amtsilati )

Contoh

زَيْدٌ يَقْـرَءُ الْقُـرْاَنَ

Adapun zaid itu membaca Alquran siapa zaid

زَيْدٌ mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena nama.

يَقْـرَءُ khobar yang berupa fi’il menyimpan fa’il berupa dlomir هُوَ sebagai ganti dari lafadz zaidun. jadi khobarnya berupa fi’il fa’il.

*selengkapnya di pembahasan fi’il – fa’il materi jilid 4 amtsilati. insya-Allah dijelaskan kembali

Khobar syibhu jumlah: 1. Dzorof 2. Jer majrur

Khobar syibhu jumlah berupa dzorof

*Yaitu khobarnya berupa dzorof ( materi dijelaskan kembali bab dzorof di jilid 4 amtsilati )

Contoh

اَلطَّائِـرُ فَوْقَ الشَّجَـرَةِ

Adapun burung itu tetap berada di atas pohon

اَلطَّائِـرُ mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena Al.

فَوْقَ khobar yang berupa dzorof, madzrufnya adalah lafadz اَلشَّجَـرَةِ .

Khobar syibhu jumlah yang berupa jer majrur

Yaitu khobarnya berupa huruf jer dan majrurnya

Contoh

اَلْاُسْتَـاذُ فِي الْمَـدْرَسَةِ

Adapun pak guru itu tetap di dalam sekolah

اَلْاُسْتَـاذُ mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena Al.

فِي khobar yang berupa huruf jer, majrurnya adalah lafadz اَلْمَـدْرَسَـةِ .

Inilah beberpa macam bentuk mubtada’ dan khobar di mana artikel ini hanya sebagai pengenalan dulu, nanti akan dibahas sesuai dengan materi yang ada yaitu pada bab berikutnya.

Semoga bermanfaat dan barokah. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *