BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Pondok Pesantren Takhasshush DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. Belajar amtsilati online/offline 0852 5971 7000, fb/yt: moh mahfudh rozy, follow/ikuti: ig/tk/snackvideo: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Sabtu, 30 April 2022

MUBTADA' DAN KHOBAR Bagian keIV ( Amtsilati Jilid 3 )

Bondowoso, Amtsilati.com

AMTSILATI JILID 3

BAB I

MUBTADA’ DAN KHOBAR ( Bagian keIV )

Sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, bahwa isim makrifat di awal menjadi mubtada’. tentunya masing – masing makrifat yang enam apabila berada di awal kalimat maka menjadi mubtada’.

Yang dijelaskan sebelumnya adalah makrifat yang berupa dlomir, dalam artikel ini akan membahas mubtada’ yang berupa makrifat berupa nama. oh ya, kebalikan dari makrifat adalah nakiroh. cirinya isim nakiroh adalah tanwin akan tetapi tidak semua bertanwin itu isim nakiroh seperti nama walaupun bertanwin maka termasuk isim makrifat karena nama seperti lafadz صَـالِحٌ walaupun bertanwin lafadz ini adalah makrifat kaena nama.

Macam – macam mubtada’ dan khobar sudah saya tulis sebelumnya sebagai pengenalan, karena prakteknya nanti sesuai dengan materi bab masing – masing. atau setidaknya bisa memahami dari macam – macamnya mubtada’ dan khobar.

Baiklah kita lanjutkan pembahasan mubtada’ yang berupa isim makrifat karena nama.

مَحْـمُوْدٌ نَاجِـحٌ فِي الْإِمْتِحَـانِ

Rumus utama:

Lafadz مَحمُـوْدٌ adalah isim sebab tanwin

Rumus A1:

Lafadz مَحمُـوْدٌ adalah isim makrifat sebab nama, mu’rob karena tida serupa dengan huruf, mudzakkar, mufrod.

Rumus A2:

Lafadz مَحمُـوْدٌ secara wazan adalah isim maf’ul mengikuti wazan مَفْعُـوْلٌ . atau disebut ‘alam manqul.

Rumus A3:

Jadikan susunan lafadz menjadi:

Baca dari kanan ( mubtada' )

PELENGKAP KHOBAR MUBTADA'
KHOBAR PELENGKAP MUBTADA'
PELENGKAP MUBTADA' KHOBAR
MUBTADA' PELENGKAP KHOBAR

Apabila ada titik maka menjadi susunan:
Baca dari kanan ( titik )
PELENGKAP KHOBAR MUBTADA' TITIK
KHOBAR PELENGKAP MUBTADA' TITIK
PELENGKAP MUBTADA' KHOBAR TITIK
MUBTADA' PELENGKAP KHOBAR TITIK

      MUBTADA’

MAKRIFAT KARENA NAMA

Makrifat di awal kalimat menjadi mubtada’, namun tidak semua mubtada’ berupa isim makrifat. bisa juga mubtada’ berupa isim nakiroh dengan beberapa ketentuan atau syarat. yang akan saya tulis di sini adalah makrifat di awal kalimat menjadi mubtada’ yang berupa nama. contoh

METODE AMTSILATI
Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur ( Pembina penulis artikel ini ).

مَحْـمُوْدٌ نَاجِـحٌ فِي الْإِمْتِحَـانِ

Adapun Mahmud itu orang yang sukses dalam ujian

مَحْمُـوْدٌ  adalah isim makrifat. dasarnya

وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ كَهُمْ وَذِيْ # وَهِنْدَ وَابْنِ وَالْغُلاِمِ وَالَّذِيْ

Makrifat yaitu selain nakiroh # Dlomir nama Al maushul mudlof isyaroh

Makrifat di awal kalimat menjadi mubtada’. dasarnya

مُبْتَـدَاءٌ زَيْدٌ وَعَـاذِرٌ خَـبَرْ # إِنْ قُلْـتَ زَيْـدٌ عَـاذِرٌ مَنِ اعْتَـدَرْ

Kebanyakannya awal kalam mubtada’ # Bila isim khobar setelah mubtada’

Mubtada hukumnya rofa’. dasarnya

وَرَفَعُـوْا مُبْتَـدَاءً بِالْإِبْتِـدَاءْ # كَذَاكَ رَفْـعُ خَـبَرٍ بِالْمُبْتَـدَاءْ

Sebab jadi awalan mubtada’ rofa’ # Sebab adanya mubtada’ khobar rofa’

مَحْمُـوْدٌ  tanda rofa’nya dengan dlommah karena isim mufrod. dasarnya

فَارْفَعْ بِضَمٍّ وَانْصِبَنْ فَتْحًا وَجُرّ # كَسْرًا كَذِكْرُ اللَّهِ عَبْدَهُ يَسُرّ

وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ # يَنُوْبُ نَحْوُ جَااَخُوْا بَنِيْ نَمِرْ

Rofa’ dlommah nashob fathah jazem sukun # Jer kasroh dzikirlah Allah dengan tekun

مَحْمُـوْدٌ  tanpa tanwin karena ada Al. dasarnya

وَيُخْذَفُ التَّنْوِيْنُ فيِ الْإِسْمِ إِذَا # دَخَلَ فِيْهِ اَلْ وَبِالْعَكْسِ كَذَا

Isim jika ada AL tanwin dibuang # Bila tidak ada Al tanwin dipasang

مَحْمُـوْدٌ  mubtada’ mu’rob yang berupa Al.

Kesimpulannya lafadz مَحْمُـوْدٌ tidak dibaca مَحْمُـوْدً atau مَحْمُـوْدٍ karena menjadi mubtada’, mubtada’ hukumnya rofa’ tanda rofa’nya dlommah karena isim mufrod. menjadi mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifatnya karena nama.

KHOBAR

Setelah mubtada’ ada khobar asalkan pantas bermakna itu atau adalah. jadi tidak mesti setelah mubtada’ langsung khobar. jika setelah mubtada’ tidak pantas diberi makna itu atau adalah maka sebagai pelengkap.

Khobar adalah bagian yang menyempurnakan faedah, sehingga kalimat itu bisa difahami contohnya khobar berikut ini.

مَحْمُـوْدٌ نَاجِـحٌ  Artinya: Adapun Mahmud itu orang yang sukses.

Lafadz نَاجِـحٌ setelah mubtada’ pantas bermakna itu dan sebagai penyempurna mubtada’ yaitu مَحْمُـوْدٌ sehingga dapat difahami bahwa Mahmud itu orang yang sukses.

نَاجِـحٌ  khobar dari mubtada’ yang berupa مَحْمُـوْدٌ .

Khobar hukumnya rofa’. dasarnya

وَرَفَعُـوْا مُبْتَـدَاءً بِالْإِبْتِـدَاءْ # كَذَاكَ رَفْـعُ خَـبَرٍ بِالْمُبْتَـدَاءْ

Sebab jadi awalan mubtada’ rofa’ # Sebab adanya mubtada’ khobar rofa’

نَاجِـحٌ  tanda rofa’nya dlommah karena isim mufrod . dasarnya sama dengan yang ada di atas. tanpa tanwin sebab tidak ada Al, dasarnya juga sama dengan yang di atas.

Khobar bagian penyempurna faidah dan macamnya khobar ada dua. dasarnya

وَالْخَـبَرُ الْجُـزْءُ الْمُتِمُّ الْفَائِدَةْ # كَاللهُ بَـرٌّ وَالْأَيَـادِيْ شَـاهِدَةْ

وَمُفْـرَدًا يَأْتِيْ وِيَأْتِيْ جُمْـلَةْ # حَـاوِيَةً مَعْنَى الَّذِيْ سِيْقَـتْ لَهْ

Khobar bagian penyempurna faidah # Macamnya khobar mufrod dan khobar jumlah

نَاجِـحٌ  khobar mufrod musytaq yang berupa isim fa’il.

فِي الْإِمْتِحَـانِ  adalah sebagai pelengkap, uraiannya sudah ada di pengaruh huruf jer.

Kesimpulannya susunan lafadz مَحْـمُوْدٌ نَاجِـحٌ فِي الْإِمْتِحَـانِ menurut rumus A3 adalah:


PELENGKAP KHOBAR MUBTADA'
فِي الْإِمْتِحَانِ نَاجِـحٌ مَحْمُـوْدٌ

Untuk makrifat yang dengan Al akan di tulis dalam artikel berikutnya. apabila berkenan selahkan dishare dengan menggunakan tombol di atas. terima kasih

Akhirnya semoga bermanfaat dan barokah.

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *