AMTSILATI
JILID 3
BAB
I
MUBTADA’
DAN KHOBAR ( Bagian ke X )
Sudah
kita semua bersama bahwa macam – macam isim makrifat itu ada enam: 1. dlomir 2.
nama 3. al 4. maushul 5. mudlof 6. isyaroh. dari salah satu makrifat yang
apabila berada di awal kalimat baik setelah titik, koma, titik – koma atau
setelah kesempurnaan jumlah atau juga setelah ‘amil nawasikh maka isim makrifat
tersebut menjadi mubtada’.
Titik
dalam istilah amtsilati atau kitab bukanlah bertanda titik sebagaimana yang ada
dalam susunan kalimat Indonesia atau tulisan huruf latin, akan tetapi yang
disebut bayangan titik atau koma adalah seperti:
مَـا،
مَنْ، لاَ، هَلْ، أَ، بَلْ، أَمَّـا، وَلَكِنْ، وَ، فَ، ثُمَّ، أَلاَ، إِنَّمَـا
Contoh awal kalimat yang
berada setelah titik:
وَالَّذِيْ يُبْطِلُ الْؤُضُوْءَ سِتَّةُ اَشْيَاءَ
وَ titik
اَلَّذِيْ awal kalimat
اَلَّذِيْ isim maushul untuk mufrod
mudzakkar
اَلَّذِيْ isim maushul termasuk isim
makrifat
Makrifat jika berada di awal maka menjadi mubtada’. dengan demikian
maka اَلَّذِيْ menjadi mubtada’. mubtada’ hukumnya rofa’, karea isim maushul
itu hukumnya mabni maka seperti di dalam susunan contoh di atas sebutannya
adalah اّلَّذِيْ dalam mahal ( tempata / kedudukan ) rofa’ menjadi mubtada’.
maka maknanya adalah:
وَالَّذِيْ
يُنْقِضُ الْؤُضُوْءَ سِتَّةُ اَشْيَاءَ
وَ |
الَّذِيْ |
يُنْقِضُ |
الْوُضُوْءَ |
سِتَّةُ |
اَشْيَاءَ |
دان |
ادافون ياغ |
دافة ممباطلكن |
فدا وضوء |
ايتو ادادانم |
ببرافا سساتو |
Sebelumnya
sudah saya tulis pembahasan mudlof yang makrifat karena mudlof ilaihnya
makrifat sebab nama. nah pada artikel ini saya akan melanjutkan pembahasan
mubtada’ yang berupa mudlof yang makrifat sebab mudlof ilaihnya makrifat karena
al.
Contoh:
اَرْكَانُ الْإِسْلاَمِ
خَمْسَةٌ، اَرْكَانُ الْإِيْمَانٍ سِتَّةٌ، فُرُوْضُ الْوُضُوْ سِتَّةُ
مبتداء |
|
خـبر |
مضاف معرفة |
مضاف اليه معرفة كرنا اَلْ |
|
اَرْكَانُ |
الْإِسْلاَمِ |
خَمْسَةٌ |
اَرْكَانُ |
الْإِيْمَانٍ |
سِتَّةٌ |
فُرُوْضُ |
الْؤُضُوْءِ |
سِتَّةٌ |
اَرْكَانُ ، قُرُوْضُ makrifat sebab mudlof ilaihnya makrifat, mudlof
ilaihnya makrifat dengan al.
فُرُوْضُ الْوُضُوْ سِتَّةُ
Adapun beberapa fardlunya wudlu’ itu ada
enam
فُرُوْضُ
Rumus
utama:
membedakan lafadz antara
isim, fi’il, huruf. dasarnya
إِسْمًا وَ
فِعْلاً ثُمَّ حَرْفًا مَيِّزَا # لَفْظًا بِمَا مِنَ الْعَلاَمَةِ احْرِزَا
Bedakan dulu
isim fi’il dan huruf # Dengan tanda tanda isim fi’il huruf
فُرُوْضُ adalah
isim, cirinya al atau tanwin yang dibuang. dasarnya بِالْجَـرَّ وَالتَّنْوِيْنِ ....
فُرُوْضُ adalah
isim, cirinya ialah tanwin yang dibuang sebab menjadi mudlof. dasaranya mudlof
dan mudlof ilaih نُوْنًا تَلِي الْإِعْرَبَ
....
Rumus A1:
فُرُوْضُ adalah
makrifat sebab mudlof yang mudlof ilaihnya makrifat yaitu اَلْوُضُؤْءِ . dasarnya وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ ....
اَلْوُضُوْءِ makrifat
sebab al. dasarnya أَلْ حَرْفُ .... ( خصوص ) /
وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ ....
( عموم )
فُرُوْضُ adalah
mu’rob sebab tidak serupa dengan huruf. dasarnya وَمُعْرَبُ الْأَسْمَاءِ ....
فُرُوْضُ adalah
jamak taksir katsroh ikut wazan فُعُوْلٌ .
فُرُوْضُ adalah
muannats majazi sebab jamak taksir, dasarnya وَالتَّاءُ
مَعْ جَمْـعٍ ....
selengkapnya klik di sini
Rumus A2:
فُرُوْضُ bukan
isim fa’il, bukan isim maf’ul dan juga bukan mashdar. maka yang menentukan
kamus.
فُرُوْضُ termasuk
yang ditentukan kamus yaitu jamak taksir.
Rumus A3:
فُرُوْضُ menjadi
mubtada’ sebab makrifat di awal kalimat. dasarnya مُبْتَدَاءٌ زَيْدٌ ....
فُرُوْضُ dibaca
rofa’ karena menjadi mubtada. dasarnya وَرَفَعُوْا مُبْتَدَاءً ....
فُرُوْضُ tanda
rofa’nya dlommah sebab jamak taksir. dasarnya فَالضَّمُّ فِي اسْمٍ مُفْرَدٍ .... dasarnya
klik di sini
اَلْوُضُوْءِ
Rumus utama:
Membedakan antara isim. fi’il, huruf. dasarnya إِسْمًا وَفِعْلاً ..... .
اَلْوَضُوْءِ adalah isim tandanya adanya al.
dasarnya بِالْجَرِّ والتَّنْوِيْنِ ....
Rumus A1:
اَلْوَضُوْءِ makrifat
sebab al. dasarnya أَلْ حَرْفُ تَعْرِيْفٍ .... ( خصوص ) /
وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ ....
( عموم )
اَلْوَضُوْءِ adalah
mu’rob sebab tidak serupa dengan huruf. dasarnya وَمُعْرَبُ الْأَسْمَاءِ ....
اَلْوَضُوْءِ adalah
mudzakkar.
اَلْوَضُوْءِ adalah
mufrod.
Rumus A2:
اَلْوَضُوْءِ bukan
isim fa’il, bukan isim maf’ul dan juga bukan mashdar. maka yang menentukan
kamus.
اَلْوَضُوْءِ termasuk yang ditentukan kamus yaitu jamid.
Setelah mubtada’ ada
khobar asalkan pantas bermakna itu atau adalah. khobar bagian yang
menyempurnakan faidah sehingga kalimat tersebut dapat difahami. dasarnya
وَالْخَـبَرُ الْجُـزْءُ
الْمُتِمُّ الْفَائِدَةْ # كَاللهُ بَـرٌّ وَالْأَيَـادِيْ شَـاهِدَةْ
وَمُفْـرَدًا يَأْتِيْ
وِيَأْتِيْ جُمْـلَةْ # حَـاوِيَةً مَعْنَى الَّذِيْ سِيْقَـتْ لَهْ
Khobar
bagian penyempurna faidah # Macamnya khobar mufrod dan khobar jumlah
Khobar ada dua: 1. khobar mufrod 2. khobar gahiru
mufrod. dasarnya
وَالْخَـبَرُ الْجُـزْءُ الْمُتِمُّ الْفَائِدَةْ # كَاللهُ بَـرٌّ
وَالْأَيَـادِيْ شَـاهِدَةْ
وَمُفْـرَدًا يَأْتِيْ
وِيَأْتِيْ جُمْـلَةْ # حَـاوِيَةً مَعْنَى الَّذِيْ سِيْقَـتْ لَهْ
Khobar bagian penyempurna faidah # Macamnya khobar
mufrod dan khobar jumlah
سِتَّةٌ
Rumus utama:
Membedakan antara isim. fi’il, huruf. dasarnya إِسْمًا وَفِعْلاً ..... .
سِتَّةٌ adalah
isim tanda isimnya adalah tanwin. dasarnya بِالْجَـرَّ وَالتَّنْوِيْنِ ....
Rumus A1:
سِتَّةٌ nakiroh
cirinya bertanwin. dasarnya نَكِـرَةٌ قَابِلُ
اَلْ ....
سِتَّةٌ adalah
mu’rob sebab tidak serupa dengan huruf. dasarnya وَمُعْرَبُ الْأَسْمَاءِ ....
سِتَّةٌ adalah
muannats sebab diakhiri ta’ ta’nits. dasarnya عَلاَمَةُ التَّائْنِيْثِ ....
سِتَّةٌ adalah
mufrod .
Rumus A2:
سِتَّةٌ bukan
isim fa’il, bukan isim maf’ul dan juga bukan mashdar. maka yang menentukan
kamus.
سِتَّةٌ termasuk
yang ditentukan kamus yaitu jamid.
Rumus A3:
سِتَّةٌ menjadi
khobar dari lafadz فُرُوْضٌ sebab pantas bermakna itu atau adalah.
سِتَّةٌ menjadi
khobar mufrod yang jamid yang ghairu mudlof.
Demikian pembahasan
mubtada’ yang berupa mudlof yang mudlof ilaihnya makrifat berupa al. semoga dapat membantu para pemula dalam
belajar ilmu nahwu yang menggunakan metode amtsilati dan bermanfaat serta
barokah. Aaamiin
*Miliki
bukunya dan pelajari isinya.
*Share
materinya
Kritik,
saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:
0852 5971
7000
Penulis: Moh Mahfudz Rozy
Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY