‘AMIL
NAWASIKH
إِنَّ / أَنَّ
DAN SAUDARA
– SAUDARANYA
‘Amil nawasikh artinya adalah ‘amil yang merubah/menyalin hukumnya mubtada’ dan khobar yang asal keduanya adalah rofa’. ‘amil nawasikh ada yang menashobkan pada mubtada’ dan merofa’kan khobarnya ( khobarnya tetap berhukum rofa’ ). adapula ‘amil nawasikh yang merofa’kan pada mubtada’ dan menashobkan pada khobar ( khobarnya yang hokum asal rofa’ berubah berhukum nashab ).
Dari
beberapa ‘amil nawasikh tersebut akan saya jelaskan berikut contohnya dan semoga
bisa dengan rinciannya. yang akan saya tulis pertama adalah ‘amil nawasikh yan
berupa إِنَّ / أَنَّ dan saudara – saudaranya.
Pengamalan atau pengaruh إِنَّ / أَنَّ dan saudara – saudaranya adalah menshobkan pada mubtada’ dan merofa’kan pada khobar. dengan ‘amil nawasikh ini maka mubtada’ yang hokum asalnya rofa’ berubah menjadi berhukum nashob. contoh lafadz sebelum kemasukan إِنَّ.
ستلاه مبتداء |
اسم معرفة دي اول كلمة |
خبر جكوميا رفع تاندا رفعيا ضمة |
مبتداء حكوميا رفع تاندا رفعيا ضمة |
قَدِيْرٌ |
اَللّهُ |
Setelah
kemasukan إِنَّ menjadi
ستلاه مبتداء |
اسم معرفة دي اول كلمة |
عامل نواسخ |
خبر جكوميا رفع تاندا رفعيا ضمة |
مبتداء حكوميا نصب تاندا نصبيا فتحة |
إِنَّ |
قَدِيْرٌ |
إِنَّ اللّهَ |
Apa saja
saudara – saudaranya إِنَّ ?
Saudara –
saudaranya إِنَّ adalah:
أَنَّ، لَيْتَ، لَكِنَّ،
لَعَلَّ، كَأَنَّ
Yang
pengamalannya sama dengan إِنَّ ( menashobkan mubtada’
dan merofa’kan khobar ). dasarnya
لِإِنَّ أَنَّ لَيْتَ
لَكِنَّ لَعَلْ # كَأَنَّ عَكْسُ مَالِكَانَ مِنْ عَمَلْ
Maka
mubtada’ nashob sebabnya inna anna # Layta la’alla dan lakinna ka-anna
Maka
mubtada’ jadi isimnya anna # Khobarnya rofa’ jadi khobarnya inna
Sedangkan
tanda nashob atau rofa’nya tetap sesuai dengan bentuk lafadznya. jika bentuk
mufrod maka tanda nashobnya fathah seperti إِنَّ زَيْدًا .
Namun apabila
huruf terakhir berupa huruf ‘illat maka tanda nashobnya dikira – kirakan pada
alif tersebut. seperti إِنَّ الْهُدَى. dasarnya
فَالْأَوَّلُ
الْإِعْرَابُ فِيْهِ قُدِّرَ # جَمِيْعُهُ وَهْوَالَّذِيْ قَدْ قُصِّرَا
Isim
akhirnya alif disebut maqshur # I’rob kira-kirakan jangan takabbur
Yang
bentuknya tastniyah maka tanda nashobnya dengan ya’ seperti إِنَّ الْمُسْلِمَيْنَ. dasarnya
بِالْأَلِفِ
ارْفَعِ الْمُثَنَّى وَكِلاَ # إِذَا بِمُضْمَرٍ مُضَافًـا وُصِلاَ
وَتَخْلُفُ الْيَا فِيْ جَمِيْعِهَا الْأَلِفْ # جَرًّا
وَ نَصْبًا بَعْدَ فَتْحٍ قَدْ اُلِفْ
Mutsanna rofa’ alif nun dan jer nashob # pakai ya’ nun
setelah fathah ini bab
Lafadz yang
menjadi ismnya إِنَّ dan saudara – saudaranya berupa jamak
mudzakkar maka tanda nashobnya dengan ya’ seperti إِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ. dasarnya
وَارْفَعْ بِوَاوٍ وَبِيَااجْرُرْ وَانْصِبِ #
سَالِمَ جَمْعِ عَامِرٍ وَمُذْنِبِ
وَشِبْهِ ذَيْنِ وَبِهِ عِشْرُوْنَ #
وَبَابُهُ اُلْحِقَ وَالْأَهْلُوْنَ
أُولُوْا وَعَالَمُوْنَ عِلِّيُّوْنَ #
وَأَرَضُوْنَ شَدَّ وَالسِّنُوْنَ
Jamak mudzakkar dan mulhaq nashab ya’ nun # Rofa’nya
wawu nun dan jar dengan ya’ nun
Nunnya
dibaca fathah bukan sebagai tanda nashob atau bukan pula karena dalam keadaan
nashob, tapi karena nun jamak yang hukumnya memang dibaca fathah. dasarnya
وَنُوْنَ
مَجْمُوْعٍ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ # فَافْتَحْ وَقَلَّ مَنْ بِكَسْرِهِ نَطَقْ
وَنُوْنُ مَا
ثُنِّيَّ وَالْمُلْحَقِ بِهْ # بِعَكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمَلُوْهُ فَانْتَبِهْ
Nun jamak
dan mulhaqnya bacanya fathah # Nun tatsniyah dan mulhaqnya baca kasroh
Tanda nashob
yang bentuk lafadznya adalah jamak muannats salim dengan menggunakan kasroh
seperti إِنَّ الْمُسْلِمَاتِ. dasarnya
وَمَا بِتَا وَاَلِفٍ قَدْ جُمِعَا # يُكْسَرُ فِي
الْجَرِّ وَفِي النَّصْبِ مَعَا
Tanda jamak muannats salim alif ta’ # Rofa’ dlommah
jer nashob kasroh huruf ta’
Bila berupa
jamak taksir tanda nashobnya dengan fathah sama dengan bentuk mufrod seperti إِنَّ الْاَبَاءَ. dan apabila bentuk lafdz yang
menjadi isimnya إِنَّ berupa dhomir maka hokum nashob tetap ( bentuk dlomirnya
dlomirnya tidak berubah ) seperti إِنَّهُ tidak dibaca إِنَّهَ sebab dlomir hukumnya mabni.
dasarnya
وَكُلُّ مُضْمَرٍ
لَهُ الْبِنَا يَجِبْ # وَلَفْظُ مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ
Semua dlomir
juga mabni hukumnya # Lafadz jarnya seperti lafadz nashabnya.
Semoga artikel ini dapat memberikan kemudahan dalam
mempelajari ilmu nahwu dan semoga pula bermanfaat serta barokah. Aaamiin
*Miliki
bukunya dan pelajari isinya.
Kritik,
saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:
0852 5971
7000
Penulis: Moh Mahfudz Rozy
Support dakwah
dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY
TAG : #AMILNAWASIKH #ISIM #MUFROD #TATSNIYAH #JAMAKMUDZAKKAR #JAMAKMUANNATS #JAMAKTAKSIR #AMTSILATI #BELAJARBACAKITAB