BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Pondok Pesantren Takhasshush DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. Belajar amtsilati online/offline 0852 5971 7000, fb/yt: moh mahfudh rozy, follow/ikuti: ig/tk/snackvideo: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Senin, 03 Juli 2023

CARA CEPAT DAN EFEKTIF BELAJAR KITAB KUNING DENGAN METODE AMTSILATI JILID 1 BAB II #9

Bondowoso, Amtsilati.com


BAB II JILID 1

اَلضَّمِيْرُ

DLOMIR ( KATA GANTI )

Diantara beberapa bagian dlomir sudah kami tulis sebelumnya yaitu dlomir munfashil mahal ( menempati ) yang berhukum rofa’ dan dlomir munfashil mahal ( menempati ) yang berhukum nashob, kali ini akan saya tulis dlomir berikutnya yaitu dlomir muttashil ( selalu menempel ) mahal ( menempati ) yang berhukum nashob. Dari semua bagian – bagian dlomir hukumnya mabni ( tetap ) tidak berubah walaupun dalam keadaan rofa’, nashob atau jer. Sebagaimana dasar kemabnian terdapat dalam nadlom alfiyah ibnu malik di bawah ini:

۱٤۔ وَكُلُّ مُــــضْـمَرٍ لَـــهُ الْــبِـنَـا يَجِــبْ # وَلَفْـظُ مَــا جُـرَّ كَلَـفْــظِ مَـا نُـصِـبْ

Semua dhomir juga mabni hukumnya # Lafadz jarnya seperti lafadz nashabnya

 

Tetap artinya walaupun menempati yang berhukum nashab akan tetapi tanda nashobnya tidak menggunakan fathah sehingga merubah bacaan pada dlomir tersebut.

Contoh:

 ـهُ = جَعَـلَهُ، هُمَا = جَعَـلَهُمَا، هُمْ = جَعَـلَهُمْ

Pembahasan nashab akan dijelaskan kembali selengkapnya dalam materi jilid 4 amtsilati yaitu masuk ke dalam isin – isim yang dibaca nashob. Selanjutnya akan kami tulis semua dlomir muttashil mahal ( menempati ) yang berhukum nashab.

Dlomir muttashil mahal nashob untuk ghaib atau ghaibah

Perempuan

( مؤنث غائبة )

Laki – laki

( مذكـر غائب )

Waqi’nya

وقع

هَا

ەُ

مفرد

هُمَـا

هُمَا

تثنية

هُـنَّ

هُـمْ

جمع

 

Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial darul khidmah beddian jambesari darus sholah bondowoso jatim. yayasan yang didirikan oleh penulis. dok

ەُ adalah dlomir muttashil mahal nashob, waqi’nya atau kedudukannya mufrod mudzakkar ghaib.

Keterangan:

-      Ghaib berarti yang dibicarakan ( pihak ketiga ) laki – laki.

-      Ghaibah berarti yang dibicarakan ( pihak ketiga ) perempuan.

-      Dlomir هُمَـا digunakan untuk dua orang, baik dua orang laki – laki atau dua orang perempuan atau satunya laki – lakinya dan satunya perempuan.

-      Dlomir هُمَا juga ada yang bentuknya digunakan munfashil mahal ( menempati ) yang berhukum, apabila berada di awal kalimat atau pembahasan ( bukan menempel pada kata lain ).

 

Dlomir muttashil mahal nashob untuk mukhothob atau mukhothobah.

Perempuan

( مؤنث مُخَاطَبَةْ )

Laki – laki

( مذكـر مُخَاطَبْ )

Waqi’nya

وقع

كِ

كَ

مفرد

 كُمَا

كُمَا

تثنية

كُـنَّ

كُمْ

جمع

 

كَ adalah dlomir muttashil mahal nashob, waqi’nya atau kedudukannya mufrod mudzakkar mukhothob.

Keterangan:

-      Mukhothob adalah yang diajak bicara ( pihak kedua ) orang laki – laki.

-      Mukhothobah adalah yang diajak bicara ( pihak kedua ) orang perempuan.

-      Dlomir كُمَا digunakan untuk dua orang, baik dua orang laki – laki atau dua orang perempuan atau satunya laki – lakinya dan satunya perempuan. Dlomir ini pada dasarnya menunjukkan kata dua orang yang diajak bicara.

Selanjutnya adalah dlomir muttashil mahal nashob untuk mutakallim wahdah dan mutakallim ma’a algahir.

Laki – laki / perempuan

( مذكـر / مؤنث )

Waqi’nya

وقع

يْ

مُتَكَلِّمْ وَحْدَهُ

نَا

مُتَكَلِّمْ مَعَ الْغَيْرِ اَوْ مُعَظِّمْ نَفْسَهُ

 

Keterangan:

-      Mutakallim adalah orang yang berbicara ( pihak kesatu ) baik orang laki – laki atau perermpuan dlomirnya sama menggunakan يْ , contoh : بَيْتِيْ = rumahku / rumah saya

-      Mutakallim wahdah adalah pembicara satu orang.

-      Mutakallim ma’a alghair sipembicara bersamaan oarng lain. Misalnya utsman, ‘umar berbicara dengan bakar. Atau boleh juga sipembicara hanya sendirian karena mengagungkan dirinya sebab berbicara dengan yang lebih mulya / usianya lebih tua.

-      Dalam dlomir mutakallim ma’a alghair sama antara laki – laki dan perempuan.

-      Dlomir muttashil yang mahal ( menempati ) yang berhukum nashob jika menempel pada kalimat fi’il. ( materi jilid 4 amtsilati )

 

Semoga tulisan ini dapat membantu anda atau bagi pemula dalam belajar kitab kuning dengan menggunakan metode amtsilati. Semoga pula bermanfaat dan barokah. Aaamiin

 

Kunjungi pula:

YT/FB: MOH MAHFUDH ROZY

IG/TIKTOK/SNACK VIDEO : MAHFUDHROZY

FB: AMTSILATI INDONESIA

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Koreksi, kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 atau via aplikasi dana dengan nomor 0852 5971 7000 an. MOH MAHFUDZ ROZY.

TAG: #cara #cepat #efektif #belajar #kitab #metode #amtsilati #jilid1 #dlomir

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *